Penyebab Sakit saat Menstruasi dan Solusinya

Image result for Penyebab Sakit saat Menstruasi dan Solusinya

cara meredakan nyeri haid hari pertamaApakah Kamu sering rasakan nyeri ketika menstruasi, Ladies? Beberapa wanita umur subur yang alami menstruasi. Rasa nyeri dan kram itu biasanya dirasa beberapa wanita di hari-hari mendekati dan ketika menstruasi. Nyeri juga akan terasa di daerah perut bagian bawah atau tengah dan mungkin merambat sampai ke pinggul, paha dan punggung. Intensitas nyeri juga akan ikuti kontraksi otot rahim, dan tingkat nyeri dapat beragam. Disuatu saat, nyeri mungkin nyaris tidak terasa, namun di saat beda nyeri mungkin terasa sangat menyakitkan dan dibarengi dengan kejang, lemas, demam, pusing, dan beragam masalah lambung seperti mual, muntah dan diare. Apakah hal semacam ini normal?

Nyeri menstruasi (dalam Bhs Latin dimaksud dismenore) sesungguhnya normal saja terjadi, Ladies. Zat yang dikatakan sebagai prostaglandin yaitu penyebabnya intinya. Zat ini di produksi oleh badan dan diketemukan dalam susunan rahim. Ketika sistem menstruasi diawali, zat ini merangsang kontraksi untuk melepas susunan rahim hingga mengakibatkan kram. Zat ini jugalah yang mengakibatkan vasodilatasi system peredaran darah.

Pembuluh arteri dan vena mengembang, hingga darah menstruasi juga akan labih mudah di keluarkan. Hal semacam ini mungkin mengakibatkan desakan darah alami penurunan hingga badan juga akan merasa lemas dan pusing. Pada beberapa masalah, menstruasi mengakibatkan mual, diare sampai muntah. Ini dikarenakan oleh kontraksi pada rahim. Gumpalan darah atau aliran darah menstruasi dapat juga jadi memperburuk rasa nyeri, sebab gumpalan darah yang perlu di keluarkan melalui bukaan sempit leher rahim. Peregangan leher rahim oleh aliran darah tersebut yang mengakibatkan nyeri. (Tersebut penyebabnya kenapa pada wanita yang sudah melahirkan, nyeri menstruasi relatif menyusut sebab bukaan leher rahim mereka sudah melebar).

Nyeri menstruasi terlebih juga akan dirasa oleh mereka yang beriwayat memperoleh menstruasi lebih awal (kurang dari 12 th.), keluarkan darah haid lebih banyak dari rata-rata, atau pada remaja putri di beberapa th. awal menstruasi. Walau demikian, pada beberapa masalah tertentu, nyeri menstruasi bisa saja terjadi karena keadaan tertentu atau penyakit. Misalnya karena penyakit menyebar seksual, kista ovarium, problem spiral.

Baca : latihan yoga untuk memperbesar payudara

Alur menstruasi mungkin tidak teratur, namun bila jarak antar- menstruasi kurang dari 21 hari atau labih dari 3 bulan, Kamu harus siaga pada ada problem ovulasi atau keadaan medis yang lain yang mungkin Kamu alami. Demikian halnya bila menstruasi berjalan selama lebih dari 10 hari. Bila Kamu mulai rasakan nyeri setelah berumur 25 th., atau apabila nyeri dibarengi tandan beda seperti pendarahan haid yang tidak kunjung berhenti atau darah menstruasi berbau busuk, baiknya Kamu selekasnya berkonsultasi dengan dokter.

Nah, untuk pertolongan pertama, Kamu dapat coba beberapa tips berikut ini, untuk menolong meredakan rasa sakit/nyeri yang Kamu derita karena menstruasi.

Kompres Perut 
Nyeri atau kram perut yang Kamu rasakan juga akan menyusut bila Kamu mengompresnya dengan air hangat. Kamu dapat memakai alat kompres khusus atau memakai handuk yang dibasahi dengan air hangat. Lekatkan di bagian perut Kamu yang merasa nyeri.

Minum Minuman Hangat 
Perbanyaklah mengkonsumsi air hangat. Ini dapat meredakan nyeri pada perut Kamu. Meminum rebusan jahe hangat atau sup bening dapat juga jadi pilihan yang baik.

Berbaring 
Berbaringlah ditempat Kamu dapat merasa nyaman, umpamanya sofa empuk atau tempat tidur, terlebih bila Kamu alami nyeri dibagian punggung. Berikan bantal untuk menyokong lutut Kamu. Biarlah diri Kamu santai dengan tutup mata, bernafas dengan perlahan-lahan dan teratur. Kerjakan sampai Kamu merasa nyaman.

Kerjakan Pijatan 
Pijatan enteng di bagian perut bagian bawah dapat kurangi nyeri/kram yang Kamu alami. Kerjakan dengan lembut dan perlahan-lahan. Bila sukai, Kamu dapat memoleskan minyak kayu putih untuk memberi rasa hangat pada perut.

Minum Jamu 
Pasti Kamu memiliki rempah-rempah di dapur Kamu. Beberapa bahan alami itu bisa pula jadikan jamu untuk menolong Kamu menangani nyeri pada perut saat menstruasi. Misalnya yaitu jamu yang Kamu buat dari kunyit dan asam jawa.

Makan Biji-bijian Utuh 
Beberapa riset sudah mengonfirmasi kalau vitamin B6 yang terdapat dalam biji-bijian berguna untuk kurangi tanda sindrom pramenstruasi. Janganlah konsumsi makanan olahan, karena dapat mengakibatkan tandanya jadi lebih jelek.

Perhatikan Alur Makan 
Perubahan alur makan mungkin dapat menolong Kamu memperingan sakit karena menstruasi. Kurangi konsumsi garam untuk memperingan pembengkakan, nyeri payudara dan pusing. Kurangi juga mengkonsumsi cafein untuk kurangi tanda depresi, dan kurangi alkohol untuk kurangi depresi dan sakit kepala dan mual. Perbanyaklah air putih hangat. Ini juga akan menolong Kamu menangani nyeri, sakit kepala, pembengkakan dan nyeri otot.

Baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

Mengkonsumsi Vitamin 
Kalsium dan vitamin D sangat disarankan apabila Kamu ingin kurangi rasa sakit karena menstruasi. Makanlah jauh sebelumnya masa haid datang. Sangat penting meminum Kalsium bersama dengan vitamin D, karena vitamin D juga akan menolong penyerapan Kalsium dengan maksimum. Suplemen ini juga akan menolong Kamu memperingan tanda depresi, kelelahan dan hilangnya nafsu makan.

Berolahraga Ringan 
Kerjakan berolahraga sebab ini juga akan memperingan nyeri otot, terlebih di daerah punggung dan perut bagian bawah. Berolahraga akan menghindari Kamu dari insomnia yangs ering terjadi karena masa menstruasi. Berolahraga adalah pembangkit energi alami, s ehingga juga akan memperingan rasa kelelahan. Walau demikian, tetaplah pastikan berolahraga yang Kamu kerjakan tidak berlebihan, ya, Ladies. Karena bila berlebihan, jadi juga akan jadi parah keadaan Kamu, seperti pusing dan mual.

Kamu dapat juga konsumsi obat-obatan untuk kurangi rasa sakit/nyeri ketika menstruasi. Misalnya :

Obat Anti-inflamasi 
Perawatan utama nyeri menstruasi yaitu kelas obat yang dimaksud obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen dan naproxen. Obat ini bekerja dengan hentikan produksi prostaglandin oleh badan. Obat ini dapat juga kurangi kehilangan darah dengan kurangi pembekuan darah didalam rahim. Ada belasan obat berbasiskan NSAID yang bisa Kamu beli dengan bebas di apotek atau tokko obat paling dekat. Namun Kamu harus waspada pada obat ini bila Kamu memiliki penyakit lambung seperti maag, karena dapat buat lambung iritasi.

Pil KB 
Pil KB? Ya. Ini dapat jadi salah satu jalan keluar yang mungkin Kamu cobalah. Pil KB bekerja dengan menghindar terjadinya ovulasi, hingga menghindar juga terjadinya kesibukan prostaglandin yang mengakibatkan kram menstruasi. Tetapi bila Kamu inginkan kehamilan, sudah pasti Pil KB tidak jadi pilihan jalan keluar untuk Kamu.

Kamu dapat coba ke-2 jalan keluar obat diatas, walau demikian sudah pasti juga akan tambah lebih baik bila Kamu tetaplah memakai cara dan bahan alami untuk mengatasinya, ya, Ladies… Kita pasti tahu kalau semua suatu hal yang alami memiliki efek negatif yang hampir tidak ada, dibanding dengan konsumsi obat-obatan dan bahan kimia.

Bila beberapa tips diatas tidak menolong Kamu, dan problem nyeri yang Kamu alami sudah sangat menggangu kesibukan, cepatlah tanyakan ke dokter. Sebab, walau nyeri haid dihadapi oleh umumnya wanita dan adalah hal yang lumrah, bila berlebihan mungkin saja adalah tanda awal dari problem organ reproduksi. Diagnosis pakar juga akan sangat diperlukan untuk ketahui penyebabnya nyeri berlebihan yang Kamu alami, hingga perlakuan yang tepat dapat Kamu peroleh.

Mudah-mudahan beberapa tips diatas dapat bermanfaat untuk Kamu.

0 komentar: