Panduan Menggunakan cPanel untuk Pemula

Image result for Memilih Hosting

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Bila Kamu mempersiapkan sebuah website sendiri untuk pertama kalinya, maka Kamu perlu memakai cPanel. Problemnya, cPanel dapat sangat membingungkan bila Kamu belum juga sempat memakainya. Yang lebih jelek sekali lagi, demikian banyak tips memakai cPanel di internet tetapi ditulis untuk beberapa orang pakar yang telah mengerti mengenai cPanel. Walau sebenarnya tidak kebanyakan orang memiliki tingkat pemahaman yang sama. Untuk menangani hal semacam ini, kami juga akan memberi tips yang mudah dalam memakai cPanel untuk pemula.

Apakah itu cPanel? 

cPanel yaitu on-line Control Panel yang bisa dipakai untuk mengatur website, buat e-mail akun dan beberapa hal yang lain seperti instalasi script. Beberapa besar perusahaan hosting memakai cPanel untuk menolong pelanggan mengelola website situs mereka. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan cPanel yaitu :
  • Menghubungkan nama domain ke hosting
  • Mempersiapkan e-mail untuk situs
  • Meng-Install WordPress (atau system manajemen content beda) 
  • Mem-Back up website
  • Mengunggah berkas 
  • Mengecek pemakaian bandwidth Anda 
Terkecuali yang dijelaskan diatas, ada lebih banyak sekali lagi manfaat cPanel seperti merubah penyusunan keamanan, mengecek analisa website situs Kamu dan meng-install aplikasi pembantu.

Bagaimana Cara LogIn cPanel? 

Bila ini yaitu pertama kalinya Kamu login, maka penyedia hosting harus sediakan username dan password yang Kamu perlukan. Umumnya perusahaan hosting memiliki link ke cPanel setelah Kamu masuk ke akun hosting.

Bagaimana Bila Memerlukan Pertolongan Lebih Lanjut? 

Bila Kamu memerlukan pertolongan lebih, cPanel memiliki banyak dokumentasi yang ada pada setiap halaman cPanel internal. Hal semacam ini dapat memberi informasi untuk pemula seperti Kamu untuk memakai cPanel.

Beberapa feature yang Berada di cPanel :

– Search Bar 

Dibagian atas cPanel tepat dibawah bar navigasi terdapat bar pencarian (Search Bar) yang bisa Kamu pakai untuk temukan info secara cepat. Cukup mengetik apa yang Kamu berharap, dan cPanel juga akan menemukannya untuk Kamu!

– Navigation Bar 

Di pojok kanan atas layar terdapat bar navigasi yang diisi Search Fiturs, Akun Management, Notification dan LogOut.

– Sidebar 

Selama bagian kiri layar Kamu, juga akan terdapat sidebar dengan empat ikon. Dari atas ke bawah, yaitu Home, Statistics, Dashboard dan User Management.

Memperbarui Preferensi Anda 

Ketika Kamu login ke cPanel untuk pertama kalinya, pastikan Kamu berkunjung ke bagian Preferensi untuk memperbarui info kontak dan merubah password Kamu. Kami sangat merekomendasikan merubah password paling tidak sekali setiap 3 bln. membuat perlindungan website Kamu pada hacking. Untuk merubah password, Kamu dapat masuk dalam feature “Password & Security”. Salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan di cPanel yaitu sediakan e-mail (tidak menempel pada nama domain hosting) dimana Kamu dapat terima up-date bila perlu. Kamu dapat mengerjakannya melalui feature “Contact Information”.

Mengatur Nama Domain 

Untuk memberikan nama domain ke cPanel Kamu, maka Kamu harus click “Add on Domains” dibagian domain. “Add on Domain” yaitu suatu hal yang baru, di mana Kamu dapat memakai domain yang unik untuk buat website. Hal semacam ini juga bermakna Kamu dapat buat beberapa nama domain dari panel kontrol yang sama.

Lihat juga : jasa pembuatan website jakarta timur

Banyak tips yang lain agar Kamu dapat bekerja dengan cPanel. Dengan beberapa tips diatas, kami berharap dapat dipahami dan mempermudah pekerjaan Kamu. Bila Kamu memerlukan pertolongan lebih untuk memakai cPanel, baiknya tanyakan pada pengembang situs sebelumnya melakukan hal yang lebih jauh.

0 komentar: